Pages

My Slide

Cover Photos Slideshow: Ju’s trip from Medan, Sumatra, Indonesia to Pekanbaru was created by TripAdvisor. See another Pekanbaru slideshow. Take your travel photos and make a slideshow for free.

Sabtu, 05 Mei 2012

Satu Buku Sejuta Ilmu


Mengenal Indonesia dan Dunia lebih Dekat
Oleh : Jumardi

Provinsi Riau berdiri pada tanggal 25 Juli 1958 dengan dasar hukum Undang-Undang No. 61 tahun 1958.
            Terletak di Pulau Sumatra dengan batas wilayah utara berbatasan dengan Selat Singapura dan Selat Malaka, sebelah barat berbatasan dengan Provinsi Sumatra Barat dan Provinsi Sumatra Utara, sebelah selatan berbatasan dengan Provinsi Jambi dan Selat Berhala, sebelah timur berbatasan dengan laut Cina Selatan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), perairan Sumatra Utara, dan Malaysia.
            Posisi: 1o15’ LS-4o45’ LU dan 100o03’-109o19’ BT, zona waktu termasuk dalam Waktu Indonesia Barat (WIB).
            Luas wilayah Provinsi Riau: 111.228,65 km2 atau sekitar 5,84% luas Indonesia secara keseluruhan.
            Jumlah penduduk sekitar 5.308.702 jiwa (sensus tahun 2003). Penduduk Riau terdiri dari penduduk asli dan juga pendatang.
           
Suku-suku yang terdapat di Riau terdiri dari Suku Akit, Suku Laut, Suku Melayu, Suku Kualam Bonai, Suku Sakai, Suku Talang Mamak, Suku Minangkabau, Suku Bugis, Suku Makassar, Suku Jawa, Suku Banjar, Suku Batak, dan Suku Mandailing.
            Agama yang dianut masyarakat Riau secara mayoritas adalah Islam. Adapun komposisi agama yang dianut masyarakat Riau adalah: Agama Islam (88%), Agama Kristen Protestan (1%) Agama Katolik (5%), Agama Budha (6%), Agama Hindu (0,2%).
            Selain dari keterangan di atas, banyak lagi keterangan-keterangan yang didapatkan dari buku ini, bukan saja provinsi Riau, melainkan semua provinsi di Indonesia bahkan dunia Internasional, mulai dari sejarah, lambang, adat istiadat, potensi daerah, dll.
            Gamal Komandoko, penulis buku ini, menyebut buku ini dengan Satu Buku Sejuta Ilmu, yaitu buku serba tahu:
Serba tahu tentang Indonesia. Mengulas hal-hal penting tentang Indonesia., serba tahu tentang Sejarah Indonesia. Berisi ulasan runtut tentang waktu dan peristiwa bersejarah bangsa Indonesia. Isinya meliputi: Zaman kerajaan-kerajaan Nusantara, zaman Perlawanan Bersenjata melawan penjajah, zaman Pergerakan Nasional, Proklamasi Kemerdekaan, berbagai pemberontakan dan gangguan keamanan, profil para pejuang dan pahlawan, dll.
Serba tahu tentang kekayaan alam dan budaya Indonesia. Berisi informasi lengkap tentang aneka kekayaan alam dan budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia, baik yang berupa hasil tambang, potensi hutan dan laut, kekayaan seni, daerah peninggalan sejarah, dll.
Serba tahu tentang provinsi di Indonesia. Berisi profil provinsi-provinsi di Indonesia. Masing-masing provinsi diulas secara runtut terkait sejarah pembentukan, makna lambang provinsi, ibu kota, penduduk, potensi daerah, adapt istiadat dan budaya khas daerah, potensi alam, dll.
Selain pengetahuan tentang Indonesia, dalam buku ini juga dijelaskan serba tahu tentang dunia internasional, diantaranya:
Serba tahu tentang PBB dan organisasi Internasional. Serba tahu tentang Negara-negara di dunia, ulasan dari lambang dan bendera Negara, kondisi alam, data kependudukan, kekhasan wilayah, hingga data-data terkini para pemimpin masing-masing Negara di dunia diulas dalam buku ini.
Selain itu, kita juga dikenalkan tentang predikat serba paling, yang berisi informasi tentang segala sesuatu yang bersifat “paling”, baik di tingkat nasional maupun internasional. Misalnya, Negara terluas, Gunung tertinggi, Jembatan terpanjang, Bendungan terbesar, Gedung tertinggi, Danau terluas, Sungai terpanjang, dll.
Ada lagi serba tahu tentang keajaiban dunia. Diulas tentang tujuh keajaiban dunia kuno, tujuh keajaiban dunia pertengahan, tujuh keajaiban dunia modern, tujuh keajaiban dunia alami, serta tujuh keajaiban dunia bawah air.
Serba tahu tentang penemu dan penemuan. Berisi profil dan hasil karya para penemu serta penemuan spektakuler.
Serba tahu tentang astronomi. Berisi informasi penting seputar astronomi, dan masih banyak lagi informasi lainnya yang dapat digali dalam buku ini.
Buku ini sangat sesuai dimiliki oleh pelajar, mahasiswa, guru, dosen, ilmuan, wartawan, manajer, atau siapa saja yang memerlukan buku penunjang pengetahuan popular terkini dan terlengkap.
Namun, dari sekian banyak kelebihan dari buku ini, tetap saja ada kekurangannya, yaitu lambang-lambang Negara, warna bendera, dan gambar-gambar yang disajikan tidak dicetak warna sehingga tidak dapat melihat warna-warna sebenarnya dari lambang, bendera, dan gambar-gambar tersebut.
                                   

                                                                                                Jumardi
FLP Pekanbaru
resensi ini diterbitkan di Riau Pos  
Ensiklopedia Pelajar dan Umum

Penulis             : Gamal Komandoko
Penerbit           : Pustaka Widytama, Yokyakarta
Cetakan           : pertama, 2010
Tebal               : 756 halaman

0 komentar:

Posting Komentar