Pages

My Slide

Cover Photos Slideshow: Ju’s trip from Medan, Sumatra, Indonesia to Pekanbaru was created by TripAdvisor. See another Pekanbaru slideshow. Take your travel photos and make a slideshow for free.

Rabu, 09 Mei 2012

PEMUDA

Tulisan ini ditulis pada Tahun 2008 saat saya semester 1, 
saya tidak merubah gaya penulisanya termasuk EYDnya
beginilah dulu saya menulis

Oleh : Jumardi TH 1

Pemuda adalah orang kedua setelah orang yang tua. Pemuda adalah penanggung jawab semua urusan setelah tidak ada lagi orang tua yang mengatur urusan itu. Pemuda adalah penengah antara anak-anak dan orang tua. Pemuda adalah puncak kekuatan, puncak semangat, dan keberanian. Pemuda adalah aset bangsa dimana ditangan pemudalah terdapat kekayaan, keberanian, dan intelektualitas. Pemuda adalah TNI, guru bagi anak bangsa, pemimpin masa depan, dan semua pekerja dalam suatu bangsa adalah pemuda. Pemuda adalah isi dari suatu bangsa dimana dia merupakan inti dari kemajuan bangsa.
Pemuda adalah jembatan, jalan bangsa untuk menyeberang menuju kemajuan dan pemuda itulah yang menyeberanginya. Pemuda adalah rumah,penaung bagi anak-anak dan orang tua. Dia juga perpustakaan, gedumg pendidikan bagi anak bangsa dibawahnya. Pemuda, pemuda, pemuda, dan pemuda.

Begitu banyak istilah yang kita gunakan untuk menyebut pemuda. Lalu bagaimana sesungguhnya arti pemuda itu? pemuda yang pemberanikah atau yang penakutkah? Menurut saya keduanya adalah pemuda, pemuda yang mengisi bangsa. Tapi,apakah hanya sebatas itu?

Saya sependapat dengan hati saya bahwa pemuda adalah anak bangsa yang dengan ikhlas, tanpa pamrih rela berkorban untuk membela bangsa,untuk memajukan bangsa dengan cara yang tidak merugikan, baik dirinya, orang lain bangsanya bahkan bangsa lain.

Untuk itu saya berani katakan bahwa pemuda selain itu bukanlah pemuda, tapi penoda yang hanya bisa berbicar,menghasut bahkan merugikan bangsa.Lihat saja dirinya penuh dengan kerugian kemudian merugikan pemuda yang lain.
Pemuda,jika kau ingin jadi pemuda jangan kau jadi penoda,jika kau ingin jadi pemuda jangan kau beda-beda.Jika kau memang aset bangsa jadilah pemuda tanpa tanda jasa yang berbuat untuk kemajuan bangsa,yang berbuat untuk kepentingan bersama.Hidup pemuda adalah kehidupan bangsa ,kehidupan bangsa adalah tanggung jawab pemuda.
Pemuda adalah pemuda,Sebenarnya pemuda adalah pemuda.Banyak hal yang bisa kita kerjakan,banyak hal yang bisa kita perbuat,banyak perbuatan yang lebih bermanfaat,banyak pekerjaan yang lebih perbuatan.Kalau kita seorang penjahit,jadilah penjahit yang handal.Kalau kita seorang mahasiswa,jadilah mahasiswa yang handal.Cintai pekerjaan,cintai profesi.Kalau kita tidak punya pekerjaan jadilah pemuda yang punya perbuatan,perbuatan yang bermanfaat.Pemuda adalah pemikir dan pikiran pemuda bisa memajukan bangsa, itu adalah perbuatan.
Pemuda,pengaruh bagimu bukanlah apa-apa,karena itu hanyalah sebuah pengaruh.Tetapi,dirimulah yang menentukan untuk menolak atau menerimanya.Kau adalah orang yang teguh,kau adalah orang yang mempunyai pendirian dan kau adalah orang yang teguh pendirian.
Saya sependapat dengan fikiran saya bahwa pemuda adalah perubah,bahwa pemuda adalah perevolusi bangsa.Bangsa ini dalam genggaman pemuda,untuk itu jadilah pertubah yang lebih baik.Berubahnya bangsa disebabkan berubahnya pemuda,berubahnya pemuda karena berubahnya bangsa.Bangsa berubah karena dirubah pemuda,pemuda dirubah karena bangsa dirubah.
Saya sependapat juga dengan perasaan saya bahwa pemuda itu pemimpin yang serba bisa,karena pemuda mempunyai keragaman kebisaan(skill) yang tidak dimiliki oleh Raja(Presiden).Untuk itu,sekali lagi saya katakan jadilah pemuda yang mencintai pekerjaan,yang mencintai profesi yang diikuti dengan perbuatan.Pemuda itu pebuat, dia tidak seperti anak-anak yang hanya bisa dibuat(diatur).Pemuda itu pengatur yang tidak mau diatur,maksudnya tidak mau seperti anak-anak.Pemuda itu pemikir produktif,tidak konsumtif.Dia selalu menimbulkan hal-hal yang baru yang bermanfaat.Dia kreatif,inovatif,dan produktif saat sesuatu belim ada,dia akan menimbulkannya menjadi ada kemudian dia kembangkan untuk kepentingan bersama,dia sumbangkan untuk negerinya.
Pemuda itu indah,dia mencintai keindahan,mencintai kebersihan,mencintai kesenian,mencintai keberadaban,dan mencintai kebudayaan.Dia suka musyawarah,suka gotong royong.Dia tidak suka kekerasan dan kejahatan.Dia cinta ilmu pengetahuan,dia cinta kemajuan,dia suka berlajar,dan dia suka mengajar.
Pemuda itu pekarya dan dia suka berkarya.Pemuda itu kutu buku yang tidak pernah lepas dari buku.Pemuda adalah atlit yang ulet yantg suka olahraga dan kesehatan.
Pemuda itu penakut,dia takut harga dirinya dirampas,takut bangsanya dijajah,takut jadi pecundang dan dia takut bumi pertiwi ini hancur.Pemuda itu pemberani,berani berkorban,berani berjuang,dan berani menyerang jika bangsanya diserang.
Pemuda itu hemat,hemat harta,hemat tenaga,hemat pikiran,dan hemat perbuatan.Pemuda adalah pejuang masa depan berjuang untuk dirinya,untuk keluarganya,dan untuk bangsanya.
Pemuda itu baik,baik akhlaknya,baik perangainya,baik adabnya,baik sikapnya,dan baik tingkah laku dan perbuatannya.Pemuda merupakan pertahanan bangsa yanhg siap menahan benturan,desakan pengaruh yang akan masuk kedalam negerinya.Pemuda itu Ilmuan yang selalu memberikan pengetahuan yang baru untuk bangsanya.Pemuda itu pencegah,mencegah segala yang akan mnerusak negerinya.Dia juga pembangun yang membangun negerinya apabila rusak.
Pemuda itu pencinta,cinta tanah air,bangsanya,dan apa yang ada didalamnya,dia marah apabila bangsanya dan apa yang ada didalamnya dihina dan dicaci maki.Dia sangat menghargai karya negerinyadan dia tidak membandingkan satu dengan yang lainnya.
Pemuda itu suka menanam,menanam pohon,menanam kasih sayang dihati saudaranya,menanam cinta di dada saudaranya.Pemuda adalah penolong sebelum orang lain menolong.Pemuda adalah pembasmi,dia membasmi segala kejahatan yang akan merusak negerinya.
Pemuda adalah orang yang adil,dia tak pernah mau berbuat kecurangan,dia jujur dalam setiap pikiran,perkataan,dan perbuatannya.Dia juga orang yang amanah yang tidak pernah mau berkhianat serta dia orang yang bertanggung jawab.
Pemuda itu taat,taat kepada Allah,taat kepada Rasulullah.dan taat kepada pemerintah yang amanah,dia akan mengingatkan jika pemerintahnya tidak bertanggung jawab.Pemuda itu rajin,rajin sholat,rajin ibadah,dam rajin shodaqah serta dia adalah orang yang sangat dermawan.
Pemuda itu pintar,pintar ilmu,pintar sikap,cerdas,dan pintar perbuatan serta pintar membagi waktu.Dia cepat,dia tanggap,dan dia tangkas.Pemuda adalah protect dari serangan virus adu domba yang akan menembus bangsanya.Pemuda adalah generasi pemaju,yang akan memajukan negerinya.
Pemuda itu pemaaf,yang selalu memaafkan saudaranya,dia juga pengingat yang selalu mengingatkan kelalaian saudaranya.Pemuda adalah penjaga,yang selalu menjaga kelestarian bangsanya dan apa yang ada didalamnya.Dia juga driver yang akan membawa ke tujuab yang baik dan dia tidak menyesatkan.
Pemuda itu pencita,dia bercita-cita untuk selalu menjadi yang terbaik bagi bangsanya,dia juga selalu berharap untuk bisa memajukan bangsanya.Pemuda itu pemegang,pemegang prinsip bangsanya dan dia mengamalkan prinsip itu.
Pemuda itu pembenci,benci kejahatan,benci kekerasan,benci penjajahan,dan benci perjudian.Pemuda itu kuat,kuat Imannya,kuat aqidahnya,kuat tenaganya,kuat pemikirannya,kuat perbuatannya,kuat prinsipnya,dan kuat menahan hawa nafsu dan amarahnya.Dia juga rajin membaca,rajin menulis,dan besar pemahaman serta penghayatannya.
Pemuda itu pencuri,pencuri hati bangsa lain sehingga bangsa itu takut,cinta dan sayang kepada bangsanya.
Terakhir pemuda itu adalah pengenal,dimana setiap bangsa lain mengenal bangsanya mereka kenal pemudanya yang ramah,yang cerdas,yang kuat,yang baik,yang pemberani,yang pintar,yang ulet,yang rajin,yang produktif,yang kreatif,yang taat kepada Rabnya dan nabinya.

0 komentar:

Posting Komentar