Pages

My Slide

Cover Photos Slideshow: Ju’s trip from Medan, Sumatra, Indonesia to Pekanbaru was created by TripAdvisor. See another Pekanbaru slideshow. Take your travel photos and make a slideshow for free.

Rabu, 01 Februari 2012

Menjadi Hafiz Qur`an

Oleh: Jumardi

Al-Quran adalah kitab suci yang dijamin oleh Allah swt. Keotentikannya. Ia adalah kitab yang terus dijaga dan diamalkan oleh hamba-hamba-Nya. Kitab yang Allah mudahkan mempelajari, memahami, dan menghafalkannya. Sebagaimana Allah berfirman dalam al-Quran;

Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya­ (Q.S al-Hijr: 9)”

Ia adalah kitab yang barangsiapa berpegang teguh kepadanya niscaya tidak akan tersesat selama-lamanya, ia merupakan kitab pedoman yang pertama sebelum hadis atau sunnah Rasulullah saw. Oleh karenanya al-Qur`an menjadi kitab yang paling banyak dibaca dan dihafal oleh umat Islam, terutama dipondok-pondok tahfizh, tak terkecuali juga oleh siapapun dan dimanapun. Karena al-Qur`an adalah rahmat bagi seluruh alam, siapapun wajib menjaga dan mengamalkan al-Qur`an.


Namun, tidak dipungkiri ternyata bagi banyak orang menghafal al-Qur`an merupakan sesuatu yang berat. Sehingga belum lagi menghafal sudah menyatakan tidak sanggup untuk menghafal. Hal ini bisa jadi karena kebanyakan mereka adalah tipe manusia yang memang sulit menghafal. Tentu saja ini berbeda bagi orang yang Allah anugerahkan untuk mudah menghafal. Padahal mereka yang merasa berat menghafal tersebut sangat berkeinginan menghafal al-Qur’an. Oleh karena itu, perlu adanya tips-tips agar mudah menghafal untuk memberikan jalan bagi mereka. Salah satunya buku ini.

Buku ini mencoba memberikan jalan bagi siapa saja yang berkeinginan kuat menghafal al-Qur`an.  Banyak cara dan metode yang diberikan agar menghafal al-Qur`an menjadi lebih mudah dan mengasyikan. Tentunya bertujuan agar lebih banyak lagi para penghafal al-Qur`an di muka bumi ini.

Dalam buku ini Anda akan mendapatkan kembali ghirah menghafal yang mungkin selama ini sudah pudar. Atau Anda yang belum pernah sama sekali menghafal karena paradigma Anda selama ini mengatakan sulit menghafal akan secepatnya mencoba dan berkomitmen menghafal karena ia begitu mudah dan mengasyikan.
Kalau memang itu yang Anda rasakan sepertinya Anda harus membaca buku ini, karena Anda akan mendapatkan banyak tips mudah menghafal. 

Dalam buku ini penulisnya akan memberikan pencerahan kepada Anda bahwa sebenarnya begitu banyak sekarang ini orang berlomba-lomba menghafal al-Qur`an dan tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak ikut serta dalam perlombaan itu. Selanjutnya Anda akan diminta agar meluruskan niat dalam menghafal, ikhlas, dan memulainya dari sekarang. Anda juga harus menyiapkan waktu emas khusus untuk menghafal agar menghafal menjadi rutinitas harian kita. Memilih tempat yang pas dan rileks untuk menghafal agar jangan sampai ada suara atau apapun yang menganggu konsentrasi pikiran Anda.

Tips berikutnya adalah membaca al-Qu`an dengan berlagu (tajwid) untuk membantu hafalan agar lebih mengakar dan lancar tanpa tersendat. Menggunakan satu mushaf saja, jangan ganti-ganti agar memori dan mata Anda akrab dengan satu mushaf saja. Selanjutnya Anda harus memastikan bahwa bacaan Anda benar sebelum mengfapal. Hal ini agar jangan sampai ayat-ayat yang sudah Anda hafal menyalahi bacaan yang sebenarnya menurut hukum tajwid. Dan tips lainnya yang bisa Anda baca dalam buku ini. Ada Sembilan belas tips yang mesti Anda ketahui dalam buku ini.

Buku ini ditulis dengan gaya bercerita, sehingga sangat mudah dipahami, tidak membosankan, dan mengasyikan membacanya. Penulis mengiringi setiap tips dengan contoh nyata yang langsung ia temukan sendiri di lapangan. Sehingga membaca buku ini seolah Anda diajak langsung menyaksikan realita kehidupan para penghafal al-Qur`an yang kemudian meminta Anda berpikir atas realita itu.

Di akhir buku ini Anda diberikan bacaan al-Qur`an langsung juz 28,29,dan juz 30 sebagai tambahan untuk praktik langsung setelah membaca dan memahami tips yang diberikan. Untuk diketahui buku ini berisi separo tips mudah menghafal setebal 139 halaman, separonya lagi bacaan al-Qur`an juz 28, 29, dan 30 plus terjemahnya setebal 137 halaman.

Insya Allah, dengan buku ini Anda akan mendapatkan banyak manfaat, terutama menghafal al-Qur`an. Ternyata menghapal al-Qur`an itu sangat mudah. Tinggal kita mau atau tidak !.

(diterbitkan di Riau Pos, 1 Januari 2012)


Rahasia sukses menjadi Penghafal Al-Qur`an

Penulis             : Dr. Yahya Ghautsani
Penerjemah      : Muhammad Azhar
Penerbit           : As-Salam Publishing, Solo
Cetakan           : Pertama, Juni 2011
Tebal               : 278 halaman




0 komentar:

Posting Komentar