Pages

My Slide

Cover Photos Slideshow: Ju’s trip from Medan, Sumatra, Indonesia to Pekanbaru was created by TripAdvisor. See another Pekanbaru slideshow. Take your travel photos and make a slideshow for free.

Kamis, 15 Desember 2011

Kunci Pendidikan Berkualitas


Kemajuan suatu bangsa tidak terlepas dari pendidikan. Negara-negara yang maju pada dasarnya mempunyai mutu pendidikan yang berkualitas. Karena dari pendidikanlah seseorang menempa diri menjadi pemimpin masa depan. Karena pendidikanlah orang mahir dalam bidang yang digelutinya. Pendidikan itu sendiri tidak terlepas dari guru dan murid, orang tua dan murid, orang tua dan guru, sekolah dan masyarakat, sekolah dan pemerintah, dan tak lepas juga perguruan tinggi. Semua elemen tersebut adalah mata uang yang tidak boleh terpisahkan.

Namun, kita lihat kenyataan di lapangan semua elemen tersebut hubungannya tidak berjalan dengan baik. Maka tak heran ada sekolah yang bergerak sendiri, tanpa turut andil pemerintah, masyarakat sebagai lingkungan sekitar sekolah yang tidak sejalan, orang tua yang menyerahkan total pendidikan anaknya ke sekolah, atau juga guru yang hanya sekedar mengajar.

Dalam buku ini diungkap bahwa untuk mensukseskan pendidikan harusnya semua elemen yang berhubungan dengan pendidikan harus berkontribusi langsung. Bukan sekedar melepaskan kewajiban saja. Karena semua elemen tersebut sangat menentukan keberhasilan pendidikan untuk pendidikan yang berkualitas.
Maukuf Al-Masykuri, penulis buku ini mencoba memberikan pencerahan untuk meningkatkan mutu  pendidikan Indonesia. Bagaimana seharusnya seorang guru berperan, bagaimana orang tua murid berperan, bagaimana masyarakat sekitar berperan, bagaimana seorang murid berperan, dan bagaimana seharusnya pemerintah berperan. Beliau menjelaskan secara detail hak dan tanggung jawab semua elemen tersebut.

Sebelumnya beliau juga menjelaskan kondisi pendidikan dan guru di Indonesia sekarang dan membandingkannya dengan pendidikan di Negara-negara maju seperti Jepang. Di Jepang bagaimana pemerintahnya sangat memperhatikan kesejahteraan guru. Untuk guru yang baru mengajar, Jepang berani memberi honor sebesar 200 ribu yen atau sekitar Rp20 juta per bulan. Dan untuk guru honor senior di Jepang gajinya bisa mencapai 500 ribu yen atau sekitar Rp50 juta. Hal ini Jepang menyadari betul karena kemajuan sebuah bangsa bagi mereka  terletak pada baiknya kualitas manusianya (SDM). Dalam hal ini guru adalah  sebagai aktor utama meningkatkan sumber daya manusia dalam pendidikan.

Beberapa kunci pendidikan berkualitas yang beliau rangkum dalam buku ini adalah;
Pertama, Peran pemerintah sebagai penjamin wajib belajar dan pendidikan tanpa bayar bagi seluruh anak usia sekolah sampai sekurang-kurangnya usia minimum untuk diperbolehkan bekerja., Menghargai kebebasan orang tua untuk memilihkan pendidikan bagi anak-anaknya, dengan mempertimbangkan minat anak yang bersangkutan., menghapuskan eksklusivitas pendidikan berdasarkan pelarangan terhadap diskriminasi (suku, warna kulit, jenis kelamin, bahasa, agama, opini, asal, status ekonomi, kelahiran, status social, status minoritas atau penduduk asli, kurang berkemampuan), dan lainnya yang Anda bisa baca dalam buku ini.

Yang kedua Peran perguruan tinggi. Yaitu melakukan sinergisitas dengan pemerintah pusat maupun daerah dalam membuat kebijakan pengembangan sumber daya manusia, membuat dan menjadikan Pemda dan sekolah menjadi mitra, membuat kurikulum sesuai dengan kebutuhan perkembangan, dan memilki keunggulan dalam hal output seperti meluluskan dengan mutu mereka yang memliki kapasitas dan mental untuk berbuat dengan bekal universal.

 Yang ke tiga, Peran Sekolah. Yaitu memiliki  kesatuan keyakinan, kesatuan gerakan, memiliki adat dan prilaku, memliki kesatuan aturan-aturan, dan memilki kesatuan ikatan, kekuatan persaudaraan.
Yang ke empat, peran murid, Yaitu dengan membuat kegiatan-kegiatan yang membangun karakter mulia, dengan mengadakan forum-forum pelajar yang diawasi oleh guru dan sekolah
Yang ke lima, peran orang tua murid. Yaitu dengan menghiasi hidup dengan muhasabah, menjadikan rumah sebagai rumah idaman,menjadi suami dan istri yang ideal, membina anak menjadi generasi yang sholeh dan sholehah, menjadi keluarga yang sakinah mawaddah warohmah, menjadi masyarakat yang islami, dan menjadikan bangsa berkarakter oleh orang tua berkarakter, serta meningkatkan hubungan yang harmonis orang tua dan anak.
Selanjutnya adalah peran masyarakat. Yaitu mendampingi dan memberikan kontribusi positif dengan menjadikan lingkungan masyarakat yang mendukung pendidikan.

Itulah beberapa kunci pendidikan berkualitas. Sebenarnya dalam buku ini menjelaskan masih banyak lagi yang harus diperhatikan, mulai dari diri pribadi dari semua elemen pendukung tersebut, juga beberapa teknis pelaksanan menjadikan pendidikan itu berkualitas. Di bagian akhir barulah penulis menjelaskan secara rinci guru harapan bangsa serta sikap dan langkah-langkah yang harus diperhatikan seorang guru demi mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Kita memang merindukan guru harapan itu.

Buku ini praktis, sangat mudah dipahami dan juga melaksanakannya. Dengan bahasa yang mudah dan jelas disertai contoh dan tips-tips pelaksanaan. Kita berharap semoga pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik lagi dengan dilaksanakannya arahan dalam buku ini oleh semua elemen pendukung tersebut. Buku ini wajib bagi guru Indonesia !


Guru Harapan Bangsa
Penulis                 : Maukuf Al-Masykuri
Penerbit              : Muda Cendekia, Jakarta Timur
Cetakan               : Pertama, Februari 2011
Tebal                     : xiii + 202 halaman


1 komentar:

Try Out Online mengatakan...

maksih gan atas infonyaa


ayo gan buruan ikutin kompotisi cerdas cermat online sejawatimur seri2 gann hadiahnya cukup banyak dan pendaftaranya geratis gan

Posting Komentar